10 Cara Menjadi Sekretaris yang Baik dan Profesional – Kita Punya

Cara menjadi sekretaris yang baik – Sekretaris dapat didefinisikan sebagai profesi seseorang yang membantu seorang pemimpin atau pimpinan suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab dan pengelolaan bidang administrasi dan perkantoran. Kita sudah tak asing lagi dengan profesi sekretaris yang biasanya berhubungan dengan segala urusan dokumen dan kantor lainnya.

Untuk kamu yang berminat untuk terjun dalam bidang profesi sekretaris tentu saja harus mengerti mengenai tugas-tugasnya. Tak hanya memahami tugas dan tanggung jawab sebagai sekretaris, kamu harus mampu menjadi sekretaris yang baik dan ahli agar segala urusan perusahaan dapat terurus dengan rapi dan baik. Maka dari itu simak 10 cara menjadi sekretaris yang baik dan profesional.

1. Memiliki etika yang baik

Sebagai seorang sekretaris yang baik, seorang sekretaris harus memiliki etika atau sikap yang baik. Seperti memiliki etika yang baik dalam berbicara, berbuat, dan bertemu dengan tamu pimpinan. Seorang sekretaris harus memiliki etika yang baik karena mencerminkan citra perusahaan.

2. Public Speaking yang cukup baik

Seorang sekretaris akan selalu bersama pimpinan. Sekretaris yang baik dan ahli harus mampu berbicara dengan orang lain dan berbicara di depan umum. Ini karena seorang sekretaris akan menghadirkan pimpinan untuk pertemuan atau pertemuan dengan klien.

3. Kepribadian yang baik

Seorang sekretaris harus memiliki kepribadian yang baik. Artinya, sekretaris harus ramah, disiplin, saling menghormati, dan bertanggung jawab atas tugas. Tak hanya dengan pimpinan atau pelanggan, seorang sekretaris harus memiliki atau menerapkan kepribadian baik pada sesama rekan kerja lainnya.

4. Bisa menjaga rahasia

Seorang sekretaris juga harus mampu menjaga rahasia dan dapat dipercaya. Ini karena seorang sekretaris dominan lebih banyak berurusan dengan pemimpin perusahaan sehingga rahasia perusahaan pun harus diketahui.

5. Melek teknologi

Seorang sekretaris harus mampu menyesuaikan perkembangan zaman dengan banyaknya dan variasi teknologi. Untuk mendukung perusahaan semakin berkembang maju, tentunya perusahaan harus mampu menyesuaikan teknologi.

Begitu pula dengan sekretaris yang harus mampu dan memahami teknologi atau yang paling sederhana mengoperasikan peralatan kantor berbasis teknologi agar pekerjaan semakin mudah dan cepat.

6. Paham akuntansi dan pembukuan

Seorang sekretaris tentu saja harus mengerti dan paham mengenai akuntansi maupun pembukuan. website influenzive media influencer indonesia Karena ini merupakan tugas sehari-harinya maka dari itu sekretaris yang baik tentu saja harus mampu kedua bidang ini.

7. Kemampuan bahasa asing

Salah satu cara menjadi sekretaris yang baik adalah mampu berbahasa asing paling tidak menguasai bahasa internasional seperti bahasa Inggris. Ini karena, tugas tertentu akan diberi tugas untuk menemui relasi atau pelanggan dari luar negeri. Hal inilah yang akan menambah nilai plus dan memperlancar kegiatan bisnis perusahaan.

8. Mampu memahami karakter bawahan

Seorang sekretaris adalah bagian paling terdekat dengan atasan. Seluruh pekerjaan maupun bisnis akan selalu menghubungi langsung dengan atasan. , sekretaris mampu memahami karakter agar dalam berkomunikasi maupun menjalin hubungan akan berjalan dengan lancar dan baik tanpa salah paham.

9. Berpenampilan menarik

Selain selalu memperhatikan sikap dan etika, seorang sekretaris harus mampu berpenampilan menarik dan menjaga penampilan tetap segar. Gunakan make up sewajarnya dan selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian tubuh.

10. Cermat dan teliti

Karena tugas dan tanggung jawab seorang sekretaris selalu berurusan dengan pembukuan, kearsipan, perhitungan, maka dari itu sekretaris yang baik harus selalu bekerja dengan cermat dan teliti agar semua pekerjaan dapat dilakukan dan mendapatkan hasil yang baik.

Nah 10 poin tersebut merupakan referensi untuk bagaimana cara menjadi sekretaris yang baik. Tentu saja penjelasan di atas dapat kamu gunakan sebagai bekal untuk nantinya terjun ke dunia sekretaris.

Menjadi seorang sekretaris yang profesional juga harus mampu beradaptasi dengan perusahaan dan harus memiliki keinginan terus belajar untuk selalu mengupdate segala keterampilannya.

Selalu menjaga sikap menghormati, beretika baik, dan tidak sombong. Karena sekretaris adalah pihak terdekat dengan pimpinan ia harus betul-betul menjaga citra perusahaan tetap baik.

Related articles

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share article

Latest articles

Memeriksa Nomor Resi Jne Markas

Bagaimana jalan menelusuri mengetahui melacak bungkusan ekspedisi bersama periksa angka resi bungkusan trip JNE, TIKI, POS, JNT, SICEPAT, WAHANA dll? pada sinilah solusinyaSite ini...

Lirik Lagu Sorry

Berikut lirik lagu dan chord gitar Sorry oleh Pamungkas, dimulai dari kunci dasar Am. Bila masih tidak https://www.ladiestory.id/bernuansa-sendu-ini-chord-dan-lirik-lagu-sorry-pamungkas-56505 dapat menemukan lirik yang Anda cari,...

Cara Membuat Google Docs Quote Template

Alasan pastinya saya tidak tahu tapi saya mencoba mengira-ngira. Perkiraan saya tentu saja bisa salah, tapi yah tidak ada salahnya saya mencoba...

Cara Obtain Video Youtube

Anda akan dialihkan ke halaman io yang mana Anda disajikan beberapa hyperlink atau url download dengan format dan kualitas yang beragam. Untuk...

Tips Memilih Layanan Jasa Cuci Sofa Di Sleman

Anjurannya, mencuci karpet bisa dilakukan antara satu atau dua tahun sekali. Mencuci karpet terlalu sering tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan karpet mudah rusak. Jika...

Newsletter