6 Cara Merawat Lantai Marmer Dan Granit Agar Terlihat Tetap Cemerlang

Cara membersihkan lantai granit secara harian bisa Anda lakukan seperti layaknya mengepel lantai setiap hari. Bila perlu gunakan alat pembersih lantai granit dan cairan khusus untuk mengepel lantai granit. Ketika ada noda yang melekat pada lantai granit, Anda dapat segera mengambil ember, air hangat, dan sabun cair pencuci piring untuk membersihkan noda tersebut. Pastikan Anda menggunakan kain pel yang lembut untuk menghilangkan noda di lantai granit.

tips merawat lantai granit

Karena cairan pembersih yang terlalu asam bahan kimia yang terlalu keras dapar merusak permukaan lantai granit. Kamu bisa membersihkan noda di lantai granit menggunakan alat-alat yang lebih halus cara kerjanya, seperti spons abrasif atau handuk kasar. Kamu juga bisa menggunakan Gunakan tisu atau kain halus untuk membersihkan lantai granit. Untuk melindungi lantai granit dari goresan, pastikan Anda tidak meletakkan perabotan yang tajam dan kasar di atas lantai. Pasalnya, lantai granit yang tergores hanya bisa dipoles dengan bahan-bahan khusus untuk menghilangkan goresan tersebut.

Untuk cara perawatan lantai granite sebenarnya tak terlalu sulit dilakukan. Gunakan campuran air dan sabun lembut dan semprotkan ke space lantai yang ingin dibersihkan. Setelah itu basahi kain yang akan digunakan dan bersihkan area tersebut dengan handuk. Hindari menggunakan cairan bersifat asam, seperti air perasan jeruk lemon. Pastikan Anda mengeringkan tumpahan dengan kain pembersih yang menyerap cairan dengan sempurna. Hindari menggosok atau menyeka noda, terlebih dengan gerakan yang kasar.

Hindari alat-alat yang dapat menyebabkan abrasi pada lantai, seperti spons abrasif atau handuk kasar. Seperti telah disebutkan sebelumnya, granit dan marmer dapat dengan mudah ternodai oleh cairan yang tumpah, sekalipun itu hanya air biasa. Untuk menghindari noda tertinggal pada lantai granit, sangat disarankan untuk sesegera mungkin membersihkan tumpahan.

Oleh karena itu, selalu sediakan keset yang bersih di depan pintu masuk. Di samping itu, biasakan para tamu yang datang untuk melepas alas kaki karena pasir dan tanah yang menempel pada alas kaki mereka bisa membuat lantai cepat kusam. Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat lantai lebih mengkilap adalah menghindari peletakan barang berukuran berat. Perabotan yang berukuran berat dapat membuat lantai menjadi tergores. Goresan ini bisa bersifat permanen meskipun nantinya sudah dibersihkan. Lantai granit perlu dipoles secara berkala untuk menghilangkan noda yang tidak bisa dibersihkan dengan dipel saja.

Dengan menggunakan kain pel lembut, bersihkan seluruh permukaan menggunakan gerakan memutar. Pilihlah alat kebersihan yang lebih lembut yang tidak mengikis permukaan lantai granit serta menimbulkan goresan. Baking soda dikenal ampuh untuk menghilangkan noda di baju putih, tapi bahan kue yang satu ini ternyata juga dapat diandalkan untuk membersihkan noda di lantai granit. Kemudian, tutupi noda di lantai dengan pasta ini dan diamkan semalaman. Pasalnya cara membersihkan dan merawat lantai granit yang berlapiskan sealer biasanya berbeda. Penting untuk mengetahuinya sebelum menggunakan cairan pembersih yang justru dapat merusak sealant maupun lantai granit Anda.

Lakukan setiap hari atau dua hari sekali, sehingga debu dan kotoran tidak sempat menumpuk di lantai. Kosongkan ember dan isi ulang dengan air dingin tanpa campuran. Pembersih khusus granit kini telah banyak tersedia di toko-toko dalam bentuk cairan serta serbuk. Namun, jangan khawatir karena saat ini banyak jasa yang menawarkan pemolesan granit dengan harga yang bervairasi. Namun, upaya ini memang tidak bisa dilakukan sendiri jika tidak memiliki alat khususnya.

Demikianlah cara membersihkan lantai granit yang kusam dengan baik dan benar. Jika tidak mempunyai cairan pembersih khusus, cukup dengan air bersih tanpa campuran apa pun. Poles lantai memakai kain mikrofiber kering dan bersih untuk mengembalikan kilaunya. Jangan pernah membiarkan marmer atau granit mengering secara alami karena ini bisa menyebabkan bercak air. Ingin tahu cara membersihkan lantai granit yang benar agar selalu mengkilap setiap hari? Tenang saja, Bacaterus akan memberikan informasi seputar suggestions aj bangunan dan cara membersihkan lantai granit dengan mudah.

Granit merupakan salah satu jenis batu alam yang dijadikan sebagai bahan bangunan yakni lantai, dinding dan perabot rumah. Untuk menjaga lantai selalu higienis setiap hari, sebaiknya granit dibersihkan dengan lap basah. Jika tidak mempunyai cairan pembersih khusus, air bersih saja tanpa campuran apapun daat digunakan untuk membebaskan granit dari debu setiap harinya. Yang paling penting adalah penggunaan kain yang memiliki tekstur halus untuk proses pembersihan ini.

Teman-teman harus rajin membersihkannya, agar kilau lantai granit tetap bertahan. Keesokan harinya usapkan kain lap basah untuk membersihkan pasta. Jika noda masih membandel seperti noda cat atau spidol, gunakan aseton atau alkohol untuk membersihkannya. Keindahan motif dari lantai granit membuat banyak orang tertarik untuk memasang lantai ini di rumah.

Related articles

Comments

Share article

Latest articles

Memeriksa Nomor Resi Jne Markas

Bagaimana jalan menelusuri mengetahui melacak bungkusan ekspedisi bersama periksa angka resi bungkusan trip JNE, TIKI, POS, JNT, SICEPAT, WAHANA dll? pada sinilah solusinyaSite ini...

Lirik Lagu Sorry

Berikut lirik lagu dan chord gitar Sorry oleh Pamungkas, dimulai dari kunci dasar Am. Bila masih tidak https://www.ladiestory.id/bernuansa-sendu-ini-chord-dan-lirik-lagu-sorry-pamungkas-56505 dapat menemukan lirik yang Anda cari,...

Cara Membuat Google Docs Quote Template

Alasan pastinya saya tidak tahu tapi saya mencoba mengira-ngira. Perkiraan saya tentu saja bisa salah, tapi yah tidak ada salahnya saya mencoba...

Cara Obtain Video Youtube

Anda akan dialihkan ke halaman io yang mana Anda disajikan beberapa hyperlink atau url download dengan format dan kualitas yang beragam. Untuk...

Tips Memilih Layanan Jasa Cuci Sofa Di Sleman

Anjurannya, mencuci karpet bisa dilakukan antara satu atau dua tahun sekali. Mencuci karpet terlalu sering tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan karpet mudah rusak. Jika...

Newsletter